Tuesday, December 18, 2012

Boarding

Boarding : (1) Penumpang naik pesawat. (2) Sebelum boarding penumpang menunggu boarding lounge (boarding gate), sesuai dengan boarding gate, yang tertera pada boarding pass. Boarding lounge dibuka satu jam sebelum jam keberangkatan rute domestik dan dua jam sebelum keberangkatan rute internasional. (3) Demi kenyamanan penumpang , pengaturan naik pesawat (boarding management), umumnya dilaksanakan secara berurutan dimulai dari (i) penumpang invalid (cacat). (ii) penumpang dengan penanganan khusus (orang tua, ibu hamil, penumpang membawa anak kecil/keluarga). (iii) penumpang transit. (iv) penumpang kelas ekonomi dimulai dari nomor urutan besar (stiker hijau), nomor sedang (stiker biru), nomor kecil (stiker merah). (v) penumpang kelas bisnis (vi) Penumpang Very Important Person (VIP/Commercial Important Person (CIP).
Boarding merupakan proses akhir dari suatu proses penanganan pemberangkatan penumpang di bandara.

Proses Boarding

 Terkait : Boarding Lounge
               Garbarata 


Sumber :
Singgih Handoyo dan Dudi Sudibyo. 2011. Aviapedia. Kompas Media Nusantara.

No comments:

Post a Comment